Riak Kehidupan Warga Senaning

Senaning – Jika manusia selalu berfikir positif terhadap alam tentu manusia akan mengerti manfaat yang akan manusia dapat. Seperti yang sering dilakukan saat musim air pasang, warga Senaning memanfaatkan untuk mencari ikan, salah satunya ikan favorit adalah Ikan Tapah, metode penangkapan ikan ini biasa dilakukan warga Desa Senaning dengan menggunakan Entaban (Perangkap ikan yang dibuat dengan kayu berbentuk kotak semodel sangkar).

Sekedar info, ikan tapah adalah salah satu ikan yang cukup fenomenal dan tergolong sebagai ikan terbesar di Indonesia yaitu ikan tapah atau bahasa ilmiahnya Wallago. Ikan tapah merupakan jenis ikan yang biasa hidup di air tawar dan termasuk ikan jenis berduri. Ikan ini termasuk jenis karnivora, yaitu pemakan daging. Tapah bukan hanya dapat dijumpai di Indonesia tetapi juga negara tetangga seperti Malaysia.

Tapah biasa hidup di sungai berlumpur dengan aliran air yang sangat deras, maka dari itu ikan ini sangat lembab dan suka bersembunyi di dalam lubang-lubang tebing dan terusan sungai. Seperti yang kita tahu bahwa ikan tapah termasuk karnivora dan juga salah satu ikan yang kuat makan atau pemangsa hebat atau perosak. Makanan ikan tapah mulai dari ikan yang lebih kecil. Ikan tapah termasuk ikan tropika maka mereka biasa berkembang biak pada musim panas sebelum hadirnya musim hujan.

Yah…Alam ketika ingin memberi manfaat akan sangat menguntungkan dalam keberlangsungan kehidupan manusia dimana saja, bagi warga Desa Senaning hal ini sangat di syukuri karena para penikmat ikan Tapah tidak akan segan untuk membeli hasil tangkapan para Nelayan. Bagi yang ingin merasakan nikmatnya ikan asam pedas ala Senaning silahkan berkunjung.(17/12/2015.Dee)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan