Team Based Nusantara Sehat Batch II Puskesmas Senaning, Sintang, Kalimantan Barat

Senaning – Team Based Nusantara Sehat  (NS) tiba di Desa Senaning pada Jum’at (11/12/2015) pukul 18.00 WIB disambut dengan listrik padam dan kilat menyambar. sebelumnya tim NS mendapatkan pembekalan di Dinas Kesehatan Kab.Sintang kemudian selepas Jum’at langsung menuju ke Desa Senaning dengan jarak tempuh selama 6 jam. Kondisi jalan Sintang-senaning belum beraspal . Apabila Cuaca hujan sangat sulit melalui jalan ini karena sangat licin dan berlubang-lubang. Tetapi semua itu tidak menyurutkan semangat Tim kami, kami tetap positive thinking bahwa setelah kesulitan ini kami akan menemukan masyarakat yang mau menerima kami dengan baik. Ternyata semua itu memang benar, setelah beberapa hari tiba di desa senaning kami bertemu orang dayak yang sangat ramah dan  baik hati, baik pegawai Puskesmasnya maupun masyarakatnya.

Tim Nusantara Sehat terdiri dari beberapa disiplin ilmu dan berasal dari berbagai pelosok Nusantara. Tim NS Puskesmas senaning diketuai oleh Daud Slamet Darsono (Perawat) berasal dari Malang (Jatim), beserta anggota: Dewi Pusita Herda (Bidan) dari Padang (Sumbar), Irnawati (Kesmas) dari Makassar (Sulsel), Lismasita (Kesling) dari Pulau Simeulue (Aceh), dan Erwin Meidi Nugroho (Gizi) dari DKI Jakarta yang akan bertugas di Puskesmas Senaning selama dua tahun. Tim NS merupakan Penugasan Khusus Daerah Terpencil, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) yang bertujuan untuk mensukseskan program NAWA CITA dan program Presiden Jokowi yaitu membangun Indonesia dari pinggiran.

Program Nusantara Sehat lebih fokus pada upaya promotif dan preventif, pemberdayaan masyarakat dan mensukseskan sistem JKN.
Program Kesehatan tidak bisa berjalan dengan baik apabila tidak ada kerja sama lintas sektor. harapan kami tim Ns semoga kami mampu mengadvokasi para pemangku jabatan (Stakeholder) sehingga kegiatan bisa berjalan dengan baik dan sukses walaupun akses jalan menuju pedesaan masih sulit apabila cuaca hujan.

Dengan semangat juang yang kami miliki kami bersama dengan pegawai
Puskesmas Senaning kami akan menciptakan masyarakat yang mandiri di bidang
kesehatan  walaupun nantinya kami sudah tidak bertugas di puskesmas senaning lagi.
Kami bahagia bisa ikut berbaur dengan masyarakat di perbatasan, jiwa kekeluargaan mereka masih sangat tinggi dan sangat menghormati tamu. Jayalah masyarakat Ketungau Hulu, Kami akan Punya Kisah bersama kalian dua tahun ke depan(Lismasita).

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan