POS 78654…???????

Senaning – Desa Senaning Kecamatan Ketungau Hulu, Kab. Sintang, Prov. Kalbar adalah Desa/Kecamatan yang berbatasan langsung dengan Serawak Malaysia. Kecamatan ini adalah satu-satunya kecamatan yang tidak memiliki Kantor POS sejak tahun 2001 sampai sekarang. Semua kegiatan/aktivitas yang berhubungan dengan kantos POS dan Bank-bank terpaksa dilakukan di kota kabupaten yaitu Sintang yang jarak tempuhnya jauh, akses jalannya yang rusak dan biaya perjalanannya yang besar. Hal ini sangat menyusahkan masyarakat perbatasan. Untuk menabung, bayar kredit, kirim uang, kirim paket, ambil uang pensiun dll, masyarakat terpaksa harus mengeluarkan biaya 1-2 jutaan  untuk biaya pulang-pergi, menginap, biaya konsumsi, dll. Kami masyarakat perbatasan tidak mengerti apa alasan Pemerintah menarik dan menghentikan layanan POS di wilayah Perbatasan Kecamatan Ketungau Hulu. POS di Desa Senaning, Kecamatan Ketungau Hulu hanya tinggal KODE “78654”, tidak memiliki Kantor dan Pegawai POS.

Kembali Ke masa lalu pada Jaman Pemerintahan Presiden Soeharto Desa Senaning memilki kantor POS dan dua orang Pegawai, padahal pada masa itu akses jalan darat masih belum ada dan masyarakat belum begitu banyak, satu-satunya akses jalan yang bisa dilewati hanya melalui Sungai Ketungau dengan waktu tempuh 2 sampai 3 hari menggunakan motor Bandung, hal ini berlangsung sampai tahun 2001. Berbeda saat sekarang yang akses jalan daratnya sudah dibuka, transportasinya semakin lancar tapi  kantor POS yang diharapkan semakin besar kiprahnya dalam melayani masyarakat malah angkat kaki dan berpaling untuk meninggalkan masyarakat Perbatasan Ketungau Hulu. Tampak pada gambar di atas adalah rumah dinas Kecamatan yang dulunya merupakan kantor Pos desa Senaning sampai pada th.2001 di alihfungsikan menjadi rumah dinas karena kantor Pos/layanan Pos oleh pemerintah di tiadakan.

Kami masyarakat  Perbatasan Ketungau Hulu sangat merindukan kehadiran pelayanan kantor POS kembali. Kepada Pemerintah Pusat, kami masyarakat Perbatasan, masyarakat Pinggiran memohon perhatian dan kepedulian yang lebih. Kembalikan apa yang telah di ambil dari kami, tolonglah dan ringankanlah beban-beban kami masyarakat Perbatasan Kecamatan Ketungau Hulu yang sejak dulu kami jalani.

Senaning, 13 Januari 2016.
Penulis: Apriadi.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*