HUMAN TRAFICCKING

Senaning – Pihak TNI PAMTAS Ketungau Hulu berhasil mengamankan TKI ilegal yang melarikan diri dari Sarawak Malaysia Timur.
Sabtu 19/03/2016 sekitar pukul 08.30 WIB, tiba 8 orang WNI yang kembali dari Malaysia menjadi tenaga kerja illegal karena tidak menggunakan surat perizinan yang resmi. Dari kedelapan orang tersebut tidak seluruhnya membawa Kartu Identitas karena sebagian dari mereka, Kartu Identitasnya ditahan oleh Mandor di Kebun Sawit tersebut. Masuk ke Malaysia sekitar bulan Januari 2016 melalui daerah Entikong hanya tidak melalui Pos Lintas Batas RI- Malaysia. Mereka bermaksud bekerja di Malaysia karena diajak kawan asal Kep. Lombok dengan dijanjikan gaji atau upah yang lumayan besar.

Menurut penuturan mereka Para WNI ini Sempat bekerja di perkebunan Kelapa Sawit Malaysia selama ± 2 ( dua ) bulan hanya selama bekerja tidak menerima upah/gaji sama sekali. Tinggal di Malaysia  di Pondok Sawit daerah Serian Malaysia. Karena merasa telah dibohongi mereka bermaksud kembali ke Indonesia.Di Perbatasan mereka bertemu dengan masyarakat Desa Muakan yang berada di Ladang dekat perbatasan dan diarahkan harus laporan terlebih dahulu ke Pos Perbatasan di Desa Muakan sebelum menuju Desa Senaning. Berangkat dari Malaysia pada Hari Jum’at pagi Tanggal 18 Maret 2016 dan tiba di Pos Muakan pada Hari Sabtu tanggal 19 Maret 2016. Kemudian pada tanggal 20 Maret mereka dibawa ke Polsek Ketungau Hulu Desa Senaning.(dee)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan