PENYULUHAN DAN ANTISIPASI DBD

nyamuk
                            Nyamuk Aedes Aigepty

Senaning – Bahaya demam berdarah terkadang disepelekan sebagian orang, namun mereka harus tahu bahwa bisa mematikan dalam hitungan hari. Nyamuk merupakan salah satu hewan yang dapat mendatangkan penyakit bagi manusia. Salah satunya adalah nyamuk berjenis Aedes Aegypty. Nyamuk ini jika menyerang manusia dapat memberikan dampak yang sangat berbahaya bahkan berakibat fatal seperti kematian jika tidak segera mendapatkan penanganan dengan baik. Manusia yang diserangnya pun tidak pandang bulu, dari segala kalangan usia baik anak-anak dewasa maupun tua. Penyakit yang diakibatkan nyamuk ini di Indonesia dikenal dengan nama Demam Berdarah Dengue (DBD).

Keberadaan nyamuk Aedes aegypti banyak ditemukan di daerah tropis. Populasinya akan semakin banyak saat memasuki musim hujan. Nyamuk ini akan bersarang pada tempat yang digenangi oleh air bersih. Bahkan air hujan juga mampu menjadi sarang yang baik untuk hewan ini. Kaleng bekas, atau bekas wadah kotor yang ada airnya, semua bisa menjadi sarang bagi nyamuk ini.

Selain itu, nyamuk ini memiliki keistimewaan dibandingkan jenis nyamuk lainnya. Di mulai dari siklus hidupnya yang berbeda dengan nyamuk biasa. Ia hanya bisa aktif dari pagi hari sampai jam 3 sore. Maka selama pagi hari sampai sore nyamuk Aedes aegypty akan menularkan virus dengue pada manusia. Inilah alasan mengapa pembasmi nyamuk yang datang ke rumah anda saat siang hari saja.

Desa Senaning termasuk desa yang beriklim tropis, dimana saat ini sudah memasuki musim hujan. Tingginya intensitas hujan menyebabkan banyaknya genangan air yang cocok bagi Nyamuk ini berkembang biak, ditambah kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan menunjang peningkatan bersarangnya nyamuk ini. Belum lama ini (16/11/2016) terjadi kejadian atas warga yang terkena penyakit DBD. Atas kejadian tersebut pihak Puskesmas Senaning melakukan penyuluhan ke sekolah-sekolah dan melakukan fogging (pengasapan) untuk mengantisipasi penyebaran penyakit DBD di Desa Senaning dan sekitarnya.

penyuluhan-dbd-sd-18-nov
Penyuluhan DBD di SDN 1 Senaning oleh Pihak Puskesmas
pak-dokter-fogging-18-nov
Dr. Arifin Siahaan terjun langsung melakukan fogging ke rumah warga

 

senam-sehat-sma-18-nov
      Senam Sehat dan Penyuluhan DBD di SMAN 1 Senaning

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan