Pelatihan Kewirausahaan untuk Senaning yang sejahtera

Senaning – Pada tanggal 13 Desember 2016, diadakan Pelatihan Pemberdayaan Ekonomi Desa Dengan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) di Kantor Desa Senaning yang baru. Acara ini merupakan program dari BP3TI bersama dengan Pusat Ekonomi Bisnis dan Syariah Universitas Indonesia (PEBS UI) dalam melakukan pelatihan dan pendampingan terhadap Desa Senaning yang merupakan salah satu pilot project Desa Broadband Terpadu (DBT) sejak tahun 2015. Antusiasme warga dinilai sangat tinggi karena hampir memenuhi kuota yang diharapkan yaitu 26 orang dari kuotanya 30 orang. Trainer disini diisi oleh Mas Wahyu dari PEBS UI yang menjelaskan mengenai kewirasuahaan dan bagaimana mengembangkan potensi ekonomi yang sudah ada hingga tahap maksimal.

img-20161213-wa0025
                                      Mas Wahyu dari FEBS UI (trainer)

Sebelum dilakukannya pelatihan, sebelumnya Fasilitator dari PEBS UI, Danny Satya Brata dan Muhammad Soko Marhendi melakukan penggalian rencana aksi (Action plan) nyata yang dapat dilakukan oleh masyarakat Desa Senaning.

img_20161205_085723
Koordinasi kepada Bpk. Alfian (Kades Senaning)
img_20161206_114622
                        Action Plan dengan meninjau langsung ke lokasi potensi

Terdapat tiga program yang akan dilakukan pada 2017 yaitu pembentukan koperasi, penyuluhan dan pendampingan pertanian, hingga pemasaran kerajinan tangan. Setelah tercapai rencana aksi, langsung masuk ke dalam sesi pelatihan mengenai kewirasuahaan. Disini  dijabarkan mengenai apa itu kewirausahaan, ciri-ciri yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha, hingga contoh nyata dari orang-orang sukses yang pintar melihat peluang seperti Bob Sadino, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Poin penting dari kewirasuahaan adalah adanya kemauan untuk lebih baik dari hari ini dan berani mengambil resiko. Selain itu juga dibahas mengenai penggunaan media sosial sebagai media pemasaran barang. Bahasa yang disampaikan dalam materi pun menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Diharapkan kedepannya masyarakat Desa Senaning dapat mengembang jiwa kewirausahaannya dengan memanfaatkan potensi yang sudah ada secara maksimal. (Kontributor : Danny Satya B.)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*