Musrenbang Desa Senaning Tahun 2017

Senaning – Bertempat di Aula Kantor Desa Senaning Agenda Rutin Tahunan  Pemerintahan Desa Senaning dilaksanakan Musrenbang Desa (Kamis/02/02/2017).  Musrenbang merupakan agenda tahunan di mana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian di usulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui Badan Perencanaan Daerah (BAPPEDA) usulan masyarakat dikategorisasikan berdasar urusan dan alokasi anggaran. Jadwal rutin Musrenbang di Desa biasanya dilaksanakan selama bulan Januari.

Proses penganggaran partisipatif ini menyediakan ruang bagi masyarakat untuk menyuarakan kebutuhan mereka pada pihak pemerintah. Proses Musrenbang juga kemudian terjadi di level Kecamatan dan Kabupaten demikian pula di Provinsi dan Nasional. Musrenbang merupakan pendekatan “atas-bawah” di mana suara warga seharusnya bisa secara aktif mempengaruhi rencana anggaran Kabupaten dan bagaimana proyek-proyek pembangunan disusun.

Musrenbang Tingkat Desa di Senaning, dihadiri Forkopincam Ketungau Hulu yakni Bapak Camat diwakili oleh Kasi Ekbang M.Mardyanto, KA.MP.S.Sos.M.Si, Kapolsek Ketungau Hulu Kompol Iskandar dan Perwakilan Danramil Ketungau Hulu, selain itu dihadiri juga Perwakilan Puskesmas Senaning, Para Tokoh Adat Senaning, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Perwakilan Sekolah-Sekolah, Organisasi, Tokoh Pemuda dan Wanita, Perwakila Pedagang serta masyarakat umum yang mewakili.

IMG_20170202_091739
                                       Forkopincam Kecamatan Bersama Bapak Kades
IMG_20170202_091805
                                                                     Peserta Musrenbang

Tema Musrenbang Desa kali ini adalah ” Peningkatan Kesejahteraan Sosial melalui Pemerataan Infrastruktur Dasar dan Pengelolaan Keuangan. Pimpinan Musyawarah langsung oleh Bapak Kades Alfian, Pembawa Acara oleh Bapak Sekdes Bahren dan Notulen Rapat oleh Anggota BPD Senaning Adi Kisnif. Agenda Musyawarah yang dibahas Selain Musrenbang dilakukan juga LKPJ Desa Tahun 2015 – 2016, serta Pembentukan Panitia Pemekaran Dusun 2017.

Pada Kata Sambutannya Bapak Kapolsek menyampaikan perlu adanya Cetak Sawah dan seandainya jika sudah ada maka perlu diperbanyak karena hal ini bisa meminimalisir permasalahan titik api yang selama ini pernah terjadi. Menurut Kaur Ekbang Kecamatan Ketungau Hulu M.Mardyanto, KA, MP. S.Sos.Msi yang membuka dan memberi pemahaman tentang musrenbang “memang ada persepsi dan pandangan bahwa sebelum-sebelumnya kegiatan musrenbang ini jarang sekali untuk dilaksanakan hanya sekedar kegiatan formalitas saja dikarenakan mereka berpikir musyawarah hasil ngambang, namun sekarang dengan adanya dana pendamping dari kegiatan musrenbang khusus ADD dan DD yang diperuntuk seluruh desa, jadi sesuaikanlah anggaran tersebut untuk yang betul-betul prioritas”, disamping itu beliau mengatakan 2 jembatan di desa senaning juga merupakan prioritas karena sudah sangat mempihatinkan untuk dilalui dan masukan untuk pola pembangunan desa beliau juga mengatakan agar masyarakat mudah memahami arah pembangunan diharapkan dapat membuat tata ruang desa secara khusus seperti pemetaan skala prioritas rencana pembangunan desa”.

IMG_20170202_091835
                         Pak Kapolsek Ketungau Hulu memberikan kata sambutan dan arahan

Pada saat acara inti musrenbang, banyak usulan-usulan dari tokoh masyarakat, seperti kata Bapak Agus Hambali “jangan ada pengulangan usulan yang sama, usulkan bidang-bidang yang belum tersentuh dan tepat sasaran” beliau juga mengusulkan agar ada bantuan untuk anak SD berupa fasilitas olahraga dan pembinaan remaja-remaja organisasi keagamaan. Menurut Bapak Rangking Dunda “senaning ini bisa jadi menuju kota mati karena tidak dilalui jalan poros atau trans kalimantan terlebih Kantor Kecamatan juga sudah dipindah, maka harus diusulkan pembangunan infrastruktur yang baik”. Menurut Bapak Jais Ariyanto “usulan dibidang pertanian seperti cetak sawah sebaiknya benar-benar terealisasi dan perlu tenaga teknis yang membimbing masyarakat termasuk seperti pelatihan-pelatihan jangan sampai kami dibiar begitu saja”. Pihak SMA yang diwakili Bapak Jefri Bebi mengatakan “usulan tahun lalu sudah terealisasi kami sangat berterima kasih, namun permasalahan di Sekolah tidak sampai disitu saja karena tetap perlu menjadi perhatian seperti asrama bagi guru yang masih kurang”. Dari PDAM Senaning Bapak Jumpang”adanya rencana pengambilan air PDAM dari sungai baka dan Bapak Bupati Sintang pernah meminta juga agar air PDAM dapat di alirkan ke Sungai Pisau, ada juga permasalahan tentang pondok anak-anak sekolah yang tidak teratur dan kumuh perlu diperhatikan”. Menurut dr,Arifin Siahaan”adanya peningkatan penyakit diare dan ISPA karena cuaca”. Dan tambahan dari Bapak Nahum Sanggang “kita perlu adanya penataan Hukum adat, dimana kita bisa menjadi kampung budaya, hukum adat dan adat istiadat sangat penting sekali”. Demikian sebagian usulan-usulan dan saran yang sangat alot dari peserta musrenbang. Pada akhirnya disampaikan kesepakatan usulan bersama berdasarkan skala prioritas yakni usulan Pembangunan Jembatan Sungai Senaning, Jembatan Sungai Kebaca, Cetak Sawah, Bantuan Saprodi, Ruang Guru SD, Drainase Jalan Dwikora, Pelatihan Ketrampilan untuk masyarakat dan Stadion Olahraga.

IMG20161222071954
                                                      Jembatan sungai senaning
IMG_20170201_130254[1]
                                    Jembatan sungai senaning saat banjir sekarang
IMG20161222075727
                                                 Jembatan sungai kebaca senaning

Pada sesi kedua Bapak Kades menyampaikan dan menjelaskan penggunaan dana desa tahun 2015-2016 sesuai dengan pos-pos anggarannya. Tentang pembangunan pak kades mengatakan “dana desa kita gunakan untuk pembangunan fisik harus mengejar kualitas bukan kuantitasnya”. Dan untuk tahun 2017 ini Desa akan memberikan bantuan dari dana desa sebesar 5jt untuk masing-masing rumah ibadah didesa senaning begitu menurut beliau.

Pada sesi akhir penentuan panitia pemekaran dusun dan pemilihan kepala dusun masih ditetapkan panitia yang sebelumnya yang diketuai oleh Bapak Abas Budjang.

IMG_20170202_091843
                                                    Para Perangkat Desa Senaning

Pada mulanya, Musrenbang diperkenalkan sebagai upaya mengganti sistem terpusat atau dari atas kebawah. Namun sekarang Masyarakat di tingkat lokal dan pemerintah punya tanggung jawab yang sama berat dalam membangun wilayahnya. Masyarakat seharusnya berpartisipasi karena ini merupakan kesempatan untuk secara bersama menentukan masa depan wilayah masing-masing. Masyarakat juga harus memastikan pembangunan yang dilakukan pemerintah sesuai dengan kebutuhan. Semoga Desa bisa terbangun dengan baik.

IMG20161210143310
                                     dokumentasi pekerjaan Proyek jalan desa senaning
IMG_20170202_141349-1[1]
                                          Bapak Kades dan Perangkat Desa Senaning

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*