Pelaksanaan Musrenbang Tahun 2017 Kecamatan Ketungau Hulu

Senaning – Musrenbangcam di Kecamatan Ketungau Hulu dilaksanakan pada Hari Rabu, Tanggal 08 Februari 2017, bertempat di Balai Bejakuk/Gedung Serbaguna Senaning. Kegiatan dimulai pada Pukul 09.00 WIB dengan dihadiri oleh Forkopincam Ketungau Hulu, Kades Se-Kecamatan Ketungau Hulu, Perwakilan Desa, Perwakilan Instansi yang berada di Ketungau Hulu, Perwakilan Sekolah, Tokoh Masyarakat serta wakil perempuan.

IMG_20170208_090623_HDR
                   Kasi Ekbang Kecamatan Ketungau Hulu M.Mardyanto, menyampaikan laporan kegiatan

Acara dimulai oleh Kaur Ekbang Kecamatan Ketungau Hulu M.Mardyanto KA.MP, S.Sos.M.Si. dengan laporan sebagai pelaksana kegiatan, ia berkata “semoga kegiatan dapat berjalan dengan tertib dan terarah dan lebih berfokus sesuai dengan yang telah direncanakan bersama”, kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh Anggota DPRD Kabupaten Sintang Heri jamri, SH, M.Si. dan Kepala Bappeda Kabupaten Sintang Kartiyus, SH.M.Si. serta diskusi dan perumusan usulan kegiatan yang dipimpin Camat Ketungau Hulu.

IMG_20170208_092422_HDR
                                   Anggota DPRD Kab. Sintang Heri Jamri menyampaikan kata sambutan

Perwakilan DPRD Kabupaten sintang Heri Jamri menyampaikan beberapa hal dalam kata sambutan diantaranya “akan dibangunnya rumah sakit yang layak untuk ketungau hulu, dan ia berharap bangunan tersebut dibangun di tanah Pemda agar semua masyarakat dengan mudah mengakses kesana nantinya.” Pada bahasan lain beliau menyampaikan bahwa fungsi pengawasan oleh DPRD adalah kebijakan Pemerintah jadi bukan pengguna anggaran, untuk itu perlu partisipasi masyarakat juga untuk melihat dan mengawasi pengguna anggaran yang masuk membangun didaerah”. Beliau juga berkata “ APBD kita pada tahun ini menurun dari tahun lalu, maka diharapkan kepada para kades untuk membangun jangan hanya menunggu dana dari pusat, kabupaten atau jolok sana sini, tapi gunakanlah anggaran desa dengan baik untuk membangun”.

IMG_20170208_093618_HDR
                         Kepala Bappeda Kab. Sintang Kartiyus menyampaikan kata sambutan dan pengarahan

Kepala Bappeda Kabupaten Sintang dalam sambutannya menyampaikan “Musrenbang ini sangat penting dilaksanakan, mau tidak mau-suka tidak suka harus dilaksanakan karena kita sebagai pelayan masyarakat untuk membangun, untuk membangun kita memerlukan perencanaan, dimana sumber perencanaan itu  : bersumber dari perencanaan teknokrat (oleh birokrasi), sumber perencanaan berdasarkan kebijakan pimpinan daerah, kemudian sumber perencanaan politik, namun ada juga diusulkan perencanaan lain yang dilakukan oleh mitra/mitra kerja yang biasa dilakukan oleh konsultan-konsultan yang dibiayai baik langsung dari Kementerian maupun dari pembiayaan luar negeri”. Masih menurut beliau ”jadi para kades jangan cuma semata-mata berjuang mengandalkan perencanaan yang bersumber dari musrenbang, karena ini salah satu pintu masuk kita yang kedua. Lakukan perencanaan dengan bersama-sama dalam memperjuangkan aspirasi kita melalui sumber-sumber lainnya. Beliau juga menyampaikan tugas dan peran Bappeda, beliau berkata”tugas Bappeda jika di ibaratkan dalam kehidupan rumah tangga, Bappeda bukan berada di ruang tamu, namun berada di dapur sebagai penyaji menu, posisi Bappeda juga memperjuangkan aspirasi desa di forum SKPD karena pada saat forum SKPD berlangsung peran Bappeda mengawal, memperjuangkan apa yang dihasilkan oleh musrenbang supaya dapat dimasukkan kedalam usulan Rencana Kerja SKPD”. Pada bahasan lain beliau berharap untuk dapat dibuatkan matrik musrenbang selama 5 tahun terakhir dari 391 desa kelurahan plus kecamatan, agar dapat dilihat desa mana yang selama 5 tahun terakhir ini usulan musrenbangnya tidak pernah ada”.

IMG_20170208_104836_HDR
                                                   Camat Ketungau Hulu Gambang, membuka kegiatan

Dalam kata sambutannya sekaligus membuka kegiatan, Camat Ketungau Hulu Gambang S.Sos. menyampaikan bahwa “Musrenbang Desa telah selesai dilaksanakan dengan lancar dan sungguh-sungguh.  Namun jika kita lihat dari paparan Kepala Bappeda diatas, tidak semua desa mendapat kucuran dana sesuai dengan hasil musrenbang yang telah dilaksanakan pada beberapa waktu yang lalu, untuk itu kita harus bersabar untuk menunggu giliran. Musrenbang Kecamatan ini wajib dilaksananakan sesuai dengan amanat undang-undang dan diharapkan jangan berpikir bahwa musrenbang tidak bedampak langsung terhadap pembangunan, untuk menepis itu kita berharap kepada seluruh jajaran pemerintah desa yang hadir, agar musrenbang yang dilaksanakan dapat menaikkan include usulan yang baik dan strategis melalui ukuran yang sudah disepakati bersama pada musrenbang desa, usulan-usulan harus disesuaikan dan selaras dengan tema pembangunan pada tahun 2017, dimana titik berat pembangunan kedepan pada:  kesejahteraan sosial, pemerataan infrastruktur dasar dan optimalisasi pengelolaan keuangan daerah.

Pada akhir sambutan Bapak Camat Ketungau Hulu berharap” agar jalan dari desa senaning ke tugu merah putih dapat diperhatikan dan dibangun, jalan poros menuju kabupaten sintang juga tolong diperhatikan karena unit-unit kendaraan susah untuk melewati”.

IMG_20170208_093628_HDR
                                                   salah satu pejabat/SKPD Kab. Sintang yang hadir

Turut hadir juga Kabag Pengelola Perbatasan formasi baru yakni Bapak Andon, SH. MH., juga terlihat Bapak Anderson, SH Kasi Pembinaan Karakter Pendidikan Diknas Kabupaten Sintang dan beberapa pejabat lainnya, dimana pada kesempatan ini Bapak Kartiyus sekaligus mengenalkan mereka kepada masayarakat Ketungau Hulu.

Pada akhir acara, dari keseluruhan usulan pada musrenbang kecamatan ketungau hulu 2017 ini sudah terlihat bahwa usulan yang disampaikan betul-betul merupakan kebutuhan dan bersifat urgent bagi desa-desa, semoga usulan ini menjadi real dan menjadi jalan pembangunan berikutnya untuk lebih baik. Salam Pembangunan…

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan