Semangat Kartini di Pelosok Negeri

Senaning – Siapa yang tidak mengenal sosok Kartini? Kartini adalah  salah satu pahlawan nasional yang dikenal gigih memperjuangkan emansipasi wanita kala ia masih hidup. Gagasan-gagasan Kartini menyangkut pentingnya seorang perempuan memiliki pengetahuan dan pendidikan, menjadi partner kaum laki-laki bersama-sama dalam membangun bangsa dan negara Indonesia. Begitu juga di Desa Senaning, kegiatan dalam memperingati hari Kartini (21/04/2017) dilaksanakan dengan bermacam cara. Di Puskesmas Senaning selain apel pagi jumat dilakukan kegiatan bulanan posyandu lansia yang sebelumnya juga dilaksanakan senam bersama.

                                                              Senam Lansia di Puskesmas Senaning

Pada apel pagi selaku Pj.Kasub. Bag. TU Puskesmas Senaning Ibu Eka Murnianngsih memimpin kegiatan tersebut karena Kapus tidak berada di tempat. Dalam sambutannya ia berkata agar membangkitkan kembali semangat RA.Kartini dengan menanamkan sikap merakyat, mengasihi sesama, menghormati yang lebih tua, sederhana dan rajin, selalu optimis serta mengingatkan kembali kepada seluruh staff puskesmas senaning tentang motto puskesmas yaitu “senyum, sapa, sopan, santun & salami pasien”.

                                    Apel pagi yang dipimpin Ibu Eka di Puskesmas Senaning

SDN 01 Senaning tidak ketinggalan, dalam memperingati hari Kartini, para siswa SD mengenakan pakaian Kartini (kebaya dan sejenisnya), pawai keliling Desa Senaning, hal ini untuk menanamkan nilai perjuangan dari sosok Kartini pada jiwa anak-anak agar terus semangat menempuh pendidikan dan mencari pengetahuan. Acara pawai ini dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah SDN 01 Senaning, Bapak Agus Hambali dan sejumlah staf guru.

                                    Pawai Hari Kartini yang dilaksanakan siswa SDN 01 Senaning

 

 

“… Agama harus menjaga kita daripada berbuat dosa, tetapi berapa banyaknya dosa diperbuat orang atas nama agama itu – (R.A.Kartini) “

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan