MUSRENBBANG DESA SENANING 2019

Desa Senaning –  Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) merupakan perintah UU Desa, persisnya di Pasal 80 ayat (2). Di ayat (3) Pasal yang sama diatur bahwa Musrenbangdes menetapkan urusan yanglebih teknis, yaitu prioritas, program, kegiatan, dan kebutuhan Pembangunan Desa yang didanai oleh APBDesa, swadaya masyarakat Desa, dan/atau APBD Kabupaten.

Musrenbang Desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan Stakeholderdesa untuk menyepakati rencana kerja  pembangunan desa ( RKP ) tahun anggaran yang direncanakan Guna menyunsun rencana kerja perangkat daerah ( RKPD ) kelola tahun anggaran yang direncanakan. Musrenbang Desa dilaksanankan setiap bulan januari dengan mengacu pada RPJM desa dan setiap desa diamanatkan untuk menyusun dokumen 5 tahaun yaitu RPJM desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa.
Kamis, 31/1/2019, Bertempat di Aula Kantor Desa Senaning, Musrenbang Desa Berjalan dengan Lancar dengan adanya usulan-usulan dari masyarakat Desa Senaning, hadir dalam acara tersebut,Ketua BPD, Camat ketungau Hulu, Polsek Ketungau Hulu, Koramil Ketungau Hulu , Perangkat Desa, Ketua Rt-Rw Desa Senaning Serta perwakilan guru dari sekolah SD,SMP dan SMA.
Sambutan pertama dari Kepala Desa Senaning( Bapak Alfian), beliau berkata “Pada Musrenbang Desa Senaning tahun 2019 ini sangat mengharapkan usulan dari warga Desa Senaning, pada kesempatan ini mari berfikir tentang usulan yang sangat diprioritaskan desa, untuk Infrastruktur desa senaning sudah 70% dibangun”.
Di lanjutkan Sambutan dari Ketua BPD (Jaminudin), Diharapkan ada permintaan dan usulan dari masyarakat dan adanya saran pendapat dan ide dari warga desa.
Selanjutnya Sambutan dari Polsek Ketungau Hulu,(Bapak Joni), Tentang Pesta Demokrasi terbesar,himbauan tentang situasi plitik yang panas untuk disikapi dengan bijaksana, dan jika ada upaya yang memecah belah bangsa, juga jika ada berita yang tidak benar diberitakan seolah-olah hal itu terjadi mari kita sikapi dengan bijaksana dan ambil yang benar,buang yang tidak benar, juga jangan sampai kita menerima berita yang tidak jelas lalu kita sebarkan kepihak lain sehingga memicu kebencian,dan beliau juga mengatakan masalah pilihan adalah hak pilih pribadi dan tidak ada yang bisa memaksa.Terkait pelaksanaan pemilu beliau menegaskan “Tolong sikapi dengan bijaksan apapun yang beredar berita dan Media Elektronik”. Dan Musrenbang untuk memberikan masukakkan apa yang diprioritaskan oleh Desa.
Terakhir sambutan dari Perwakilan Camat Ketungau Hulu(Bapak Stepanus) sekaligus membuka rangkaian acara Musrenbang. Menurut Bapak Stepanus ” Apa yang direncanakan hari ini adalah Infrastruktur Dasar dan Ekonomi Kreatif yang berkelanjutan. Infrastruktur Jalan, Ekonomi Kreatif, Musrenbang Juknis, bidang Infrastruktur, bidang Ekonomi, bidang sumber daya manusia dan bidang sosial budaya”.
                                 suasana musywarah
Selanjutnya acara diskusi perencanaan pembangunan tahun 2019 bersama masyarakat guna merumuskan perencanaan Sebagai bahan penyusunan RKPDes Tahun 2019. Diskusi yang dilakukan berlangsung aman dan tertb walaupun ada beberapa bahasan yang cukup alot terkait kenakalan remaja, tindak lanjut jika ada masalah narkoba, kemudian permintaan warga untuk adanya pelatihan bidang pertanian. (Yul)
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan